Monday, December 17, 2007

Tentang idol-idolan

Tadi malam saya nonton siaran langsung Asian Idol finale di tv lokal. Rada-rada membosankan karena suami juga nyambi nonton man-u vs liverpool di channel lain. Rada-rada membosankan, saya pindah ke meja kompi n ngubek-ngubek biasalah. Eh malah nemu posting ini.
Tayangan yang makin makin garing itu (menurut saya) tetap dipantengi karena penasaran aja siapa yang bakal dapat sms paling banyak. Koran lokal sini bilang pertandingan Asian Idol ini sudah dapat diprediksi sapa yang bakal menang, intinya sih mereka bilang "negara yang penduduknya paling banyak lah". Na, menurut prediksi si koran, artinya indonesia atau india dong yang bakal meraih sms terbanyak. Dari segi kualitas sih, no comment ah.
Saya sih paling suka sama yang dari vietnam -cantik dan ngasia gitu lho. Toh ini bukan pertandingan kualitas saja, seperti kata juri dari singapura, package juga penting karena semua adalah juara di tempatnya masing-masing.
Tunggu punya tunggu, yang ditunggu akhirnya datang juga.. tersebutlah "our very first Asian Idol is.....Hadi Mirza..from singapore".
Waks..kaget beneran.. si juri-juri aja menjagokan Phil, Indo, Mal sebagai juara n Indo lebih berpeluang karena juga tuan rumah. Ckckckckck... sms emang kagak bisa diprediksi dah. Suami saya bilang gini "kalo yang ngundi dari semua 6 negara peserta, masing-masing pilihan keduanya spore (setelah pilihan pertama negaranya sendiri gitu), yah yang menang spore dong wajar.."
Hmm, mungkin juga ya..pikir saya sambil manggut-manggut. Cara mengundinya kan memang vote spasi negara1 spasi negara2. Gak ngerti dan gak dijelaskan juga kenapa harus milih dua negara. Tag-nya gini "one vote, two choices. Otherwise your vote won't be accepted". Gak dijelaskan juga bagaimana mempertimbangkan pilihan kedua sebagai penentu kemenangan.
Eniwei, apa yang saya tulis ini bukanlah ungkapan kekesalan atas jagoan saya tidak menang. Saya cuma teringat akan sebuah perkataaan -ntah siapa- tapi sering dengar:
there are three types of lie: lie
damn lie
and....statistic

No comments: