Friday, December 28, 2007

Berapa harga sebuah nyawa?

Inna lillahi wa inna lillahi rajiuun..

Layar kaca TV-ku pagi ini diisi oleh stasiun CNN. Berita yang ditayangkan: Pakistan ex-PM Benazir Bhutto assassinated. Kemudian muncul gambar-gambar, suara, analisa berita yang terkait dengannya.

Sigghhhhh.. saya menarik nafas panjang. Bertanya apa yang dimaui dunia hari ini? Mengapa tak bisa membiarkan hidup mengalir tanpa harus memikirkan siapa yang berkuasa dan untuk siapa seseorang berkuasa? Saya penasaran sehebat apa kekuasaan itu. Saya ingin tahu apa yang didapat oleh orang itu setelah membunuh. Apakah setelah ia membunuh dirinya sendiri, ia akan sampai di surga --setelah sebelumnya membunuh nyawa muslimah saudaranya? Ah, saya tentu bukan Tuhan.

Dan ketika negara yang merasa mereka berkuasa terhadap kedamaian dunia mengutuk pembunuhan keji itu, siapa pula mereka? Adakah mereka merasa berhak? Apa tidak berkaca terhadap vonis mati yang mereka jatuhkan terhadap seorang pemimpun -yang juga muslim- suatu ketika dahulu? Apakah pantas? Ah, lagi-lagi saya bukan politisi.

Saya hanya orang awam, biasa. Saya hanya prihatin terhadap sebuah nyawa yang hilang begitu saja. Berapa ia diharagai? Untuk nyawa seorang ibu dengan tiga orang anak; yang seorang anaknya menderita alzheimer-seperti neneknya; yang hidup di pengasingan jauh dari tanah lahirnya -juga atas nama demokrasi; berapa harga nyawa ibu itu?

Dan ketika pemimpin negara saya berharap semoga kejadian itu tidak terjadi di negara kita. Wow, memohon kah ia? Kepada siapa sesungguhnya ia memohon? Lawan politik? Teroris? Negara berkuasa itu? Rakyat yang memilih ketika itu? Siapa?

Selamat jalan ibu. Al fatihah dikirimkan untukmu.

-berita terkait dilihat di www.detik.com-

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Home Theater, I hope you enjoy. The address is http://home-theater-brasil.blogspot.com. A hug.