Friday, August 10, 2007

Apa Kabar, teman?

Sigh..
Mengutip tag-nya ndoro itu, dunia emang sudah tua dan banyak kejutan di tikungan. Entah apa yang sudah terjadi, kok sepertinya nakutin.
Apa saya tidak boleh beli mainan lagi untuk anak saya karena nanti malah meracuninya dengan timbal atau bla bla bla yang saya tidak tahu namanya itu. Di milis, ada daftar panjang mainan-mainan keluaran produsen ternama (dan menurtu saya terpercaya) yang ternyata tidak aman dikonsumsi -eh- dimainkan oleh anak kita. Tidak tahu efek jangka panjangnya seperti apa, karena anak kita belum besar kan?
Di koran dan situs berita online, berbagai permen dan makanan dari negeri China tidak layak dikonsusmi karena kandungan formalin dan sebagainya juga, termasuk permen susu yang bisa dimaan dengan kulitnya itu..hmm.. (padahal di singapura, katanya permen itu aman dikonsumsi).
Tahun lalu, kosmetik murah produksi Cina juga ditarik dari peredaran karena merkuri tinggi dan sebagainya juga.
Tahun lalu -juga- panci teflon tidak aman digunkan, dapat menyebabkan kanker. Sehingga teman-teman (dan termasuk saya) menyegerakan diri membeli panci dan wajan stainless steel sebagai pengganti teflon. Namun tetap saya pakai si teflon itu untuk menggoreng ikan, anti lengket bo'.
Tahun lalu -lagi- peralatan makan melamin tidak aman digunakan terutama untuk makanan panas, karena kandungan melamin akan menjejaskan makanan panas. Untung saya ga suka pakai melamin, jadi tidak ikut teman-teman yang beli piring baru pengganti melamin, :p.
Tahun ini, sepatu Crocs diberi safety warrant untuk tidak dipakai di eskalator (coba perhatikan, buatan Cina juga lho..).
Hari ini -baca situs berita online lagi- pepsodent (household name for a toothpaste) juga mengandung formalin tapi masih dalam batas aman dikonsumsi..--wow nih buat unilever, tapi mereka pasti mampu mengatasinya--
Takutkah kita menghadapi masa depan?
Takutkah saya menghadapinya?
Bolehkah saya memilih santai saja?
Tetap membeli mainan yang saya suka dan anak saya suka, dan memikiran efek jangka panjangnya nanti-nanti saja?
Tetap memakai dan menggunakan apa-apa yang sudah betahun-tahun saya gunakan tapi hati-hati menggunakan produk baru?

Apa kabar, teman?
Bahaya sekalikah dunia ini?

Cuaca dunia pun seperti tak karuan. Banjir di sini. Super panas di sana. Kering di sini. Basah di sana.

Sudahlah, saya mau meonton serial tv dan bermain dengan diada saja.

btw, just a thought,
jangan-jangan penarikan produk cina itu adalah usaha amerika untuk menekan perekonomian mereka ya?
-kebanyakan nonton 24 nih saya-

No comments: